Tujuan pembelajaran Sistem Informasi Manajemen adalah untuk memberikan pemahaman dunia nyata dari sistem informasi (ISS) untuk bisnis dan mahasiswa ilmu komputer . Kegiatan  ini memberikan siswa dengan dasar yang kuat dalam teknologi informasi yang terkait dengan bisnis (IT) di mana mereka dapat membangun karir yang sukses terlepas dari bidang tertentu yang mereka pilih. Mereka mungkin menemukan diri mereka merumuskan rencana strategis di suite eksekutif, mengoptimalkan operasi dalam bisnis atau di lantai pabrik, rencana fine-tuning untuk usaha kewirausahaan mereka sendiri, merancang ISS untuk mengoptimalkan operasi organisasi mereka, bekerja sebagai konsultan, menambah kegiatan usaha di Web, atau menciptakan berharga produk informasi baru di sejumlah industri.
                Pembelajaran ini diselenggarakan di empat belas bab yang berisi topik yang paling penting untuk bisnis students.The prinsip dasar membimbing buku ini adalah bahwa ISS di mana-mana . Sistem informasi yang meresap karena informasi adalah satu sumber daya yang paling kuat dalam setiap fungsi bisnis di setiap industri. Pengetahuan tentang IT tidak selalu eksplisit dinyatakan sebagai persyaratan pekerjaan, tetapi merupakan elemen penting dari keberhasilan dalam hampir posisi apapun. Tidak semua orang dalam bisnis perlu memiliki semua keterampilan teknis seorang IT profesional, tapi semua orang membutuhkan pemahaman yang cukup subjek untuk mengetahui bagaimana menggunakan IT dalam nya profesi. Hal ini terutama sangat dalam dunia bisnis yang semakin digital dan jaringan.
                   Sistem Informasi Manajemen memberikan siswa dengan keseimbangan yang tepat dari informasi, dan dunia nyata aplikasi teknis. Tidak peduli apa bidang mereka lakukan, siswa akan memasuki dunia bisnis mengetahui bagaimana untuk mendapatkan informasi untuk bekerja untuk mereka. Mereka akan cukup tahu tentang IT untuk bekerja secara produktif dengan spesialis IT, dan mereka akan cukup tahu tentang bisnis applications untuk mendapatkan sistem informasi untuk mendukung pekerjaan mereka dengan cara terbaik mungkin.